Latest News

Pentingnya Pemilihan Bibit dalam Budidaya Tanaman Karet

Sama seperti tanaman perkebunan lainnya, bibit dalam usaha budidaya tanaman karet memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan budidaya tanaman. Bibit karet yang diperoleh dari sumber yang unggul jika ditanam akan menjadi tanaman yang memiliki produktivitas tinggi. Produktivitas yang dimaksud adalah tanaman tersebut nantinya ketika sudah memasuki masa tanaman menghasilkan (maksimal 5 tahun setelah tanam sampai 30 tahun) akan menghasilkan getah dalam jumlah yang banyak dengan kandungan kadar karet kering yang tinggi. Produktivitas tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi para pembudidaya baik petani karet rakyat maupun perusahaan perkebunan yang mengusahakan tanaman bernama latin Hevea braziliensis ini.
Ilustrasi - Tanaman Karet yang Ditanam dari Bibit Unggul akan Memiliki Produktivitas Tinggi (doc. Teguh Yuono)

Tidak seperti budidaya tanaman karet yang menggunakan bibit dari sumber yang unggul, budidaya tanaman karet yang menggunakan bibit dari sumber yang tidak jelas (asalan) seperti bibit cabutan dan bibit polong (berasal dari biji atau perbanyakan generatif) biasanya akan menghasilkan tanaman karet dengan produktivitas rendah. Produktivitas yang dimaksud adalah tanaman yang berasal dari bibit asalan nantinya ketika memasuki fase tanaman menghasilkan akan memberikan hasil panen yang tidak memuaskan. Ketika disadap, tanaman karet dari bibit asalan akan mengalirkan getah yang sedikit dengan kadar karet kering yang rendah. Keadaan ini tentu akan sangat merugikan bagi usaha budidaya tanaman karet, oleh karena itu sebaiknya penggunaan bibit asalan dapat dihindari.

Untuk memperoleh bibit karet yang berkualitas dan unggul, kita dapat membelinya di tempat yang memang sudah terbukti dan sudah bonafit seperti di Balai Penelitian Tanaman Perkebunan Sembawa atau di Balai Penelitian Karet lainnya. Untuk mengetahui prosedur pembelian bibit karet di beberapa balai penelitian tersebut, Anda dapat membaca artikel di link ini [Prosedur Pemesanan Bibit Karet Unggul di Balai Penelitian].

Kendati bisa langsung memperoleh bibit karet unggul dengan membelinya di balai penelitian, para pembudidaya pada umumnya berusaha untuk menyediakan bibit karet sendiri. Penyediaan bibit karet sendiri dipilih karena biaya yang dikeluarkan umumnya lebih murah. Namun meski murah, bukan berarti bibit yang dihasilkan tidak unggul. Jika dilakukan dengan prosedur yang sesuai, penyediaan bibit karet sendiri juga akan menghasilkan bibit yang berkualitas melalui okulasi. Untuk mempelajari teknik penyediaan bibit sendiri melalui okulasi, Anda dapat mengunjungi link ini [Teknik Pembibitan Tanaman Karet dengan Okulasi].

Demikianlah pemaparan tentang pentingnya pemilihan bibit dalam usaha budidaya tanaman karet. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi pertimbangan bagi Anda dalam menentukan bibit karet seperti apa yang sebaiknya Anda gunakan dalam budidaya tanaman penghasil getah komersil ini.

0 Response to "Pentingnya Pemilihan Bibit dalam Budidaya Tanaman Karet"