Latest News

Penyakit Embun Jelaga (Root-down) pada Tanaman Kopi

Penyakit embun jelaga adalah salah satu penyakit yang paling sering ditemukan pada usaha budidaya tanaman kopi. Selain pada tanaman kopi, penyakit yang disebabkan oleh cendawan Root-down ini juga dapat menyerang beberapa tanaman perkebunan lainnya seperti karet, kakao, dan cengkih. Pada tanaman kopi dan cengkih, embun jelaga menyerang daun, sedangkan pada tanaman karet embun jelaga sering menginfeksi batang.

Pada umumnya, jamur root-down menyerang tanaman yang dikerumuni banyak kutu dompolan atau kutu hijau. Kotoran dari kutu tersebut mengandung banyak glukosa dan akhirnya menjadi makanan bagi pertumbuhan jamur Root-down. Koloni jamur root-down yang terdapat pada daun bagian atas tumbuh menutupi permukaan daun dan mengganggu proses fotosintesis pada tanaman.

Gejala Penyakit Embun Jelaga

Gejala penyakit embun jelaga pada tanaman kopi sangat mudah dikenali karena serangannya langsung dapat diidentifikasi melalui penampakan luar tanaman. Berikut ini beberapa gejala tersebut:
  1. Pada permukaan daun terdapat lapisan berwarna hitam yang merupakan koloni jamur root-down.
  2. Daun-daun tersebut biasanya terdapat banyak semut hitam yang berkumpul untuk ikut memakan glukosa dari kotoran kutu dompolan dan kutu hijau.
  3. Lapisan hitam membuat temperatur pada permukaan daun semakin tinggi pada siang hari karena warna hitam termasuk warna yang menyerap panas.
  4. Karena temperatur daun tinggi pada musim kemarau daun tersebut cepat layu dan gugur.

Teknik Pengendalian Penyakit Embun Jelaga

Tidak seperti teknik pengendalian penyakit jamur akar hitam dan jamur akar coklat yang tergolong rumit, teknik pengendalian penyakit embun jelaga umumnya dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Pengendalian dapat dilakukan dengan mengurangi populasi kutu daun dan kutu dompolan melalui aplikasi insektisida. Aplikasi insektisida juga dilakukan dengan tujuan agar popolasi semut hitam menurun. Populasi semut hitam juga perlu dikurangi untuk meminimalkan jumlah spora jamur root-down yang menyebar melalui perantara kaki semut.

Untuk menormalkan kembali fungsi daun yang terinfeksi jamur root-down, gunakan air hangat dan lap untuk membersihkan lapisan daun yang berjelaga. Cara ini memang sedikit melelahkan, namun akan sangat efektif jika dilakukan dengan teliti. Menghilangkan lapisan hitam pada daun juga dapat dilakukan dengan aplikasi fungisida berbahan aktif Mankozeb.

Demikianlah pembahasan mengenai gejala-gejala serangan penyakit embun jelaga pada tanaman kopi beserta bebeapa teknik pengendaliannya. Semoga dapat bermanfaat dan untuk informasi mengenai beberapa hama dan penyakit tanaman kopi lainnya, Anda dapat mengunjung link ini: [Hama dan Penyakit Tanaman Kopi].

3 Responses to "Penyakit Embun Jelaga (Root-down) pada Tanaman Kopi"

  1. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(com) banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete
  2. Yg dielap sekebun bisa kitanya yg klepk2😂

    ReplyDelete